Cara Memasang Komentar Telegram di Postingan Blogger

Komentar Telegram dibawa Postingan Blogger 

Cara Memasang Komentar Telegram di Postingan Blogger atau Blogspot


Hallo sobat, apa kabar kalian. Semoga tetap sehat selalu... Kali ini saya akan membagikan tutorial bagimana cara memasang komentar Telegram dibawa postingan blogger atau blogspot.


Sebelumnya ada beberapa platform komentar yang mendukung Blogger atau blogspot dari Disqus, Google+, dan juga Facebook. Namun platform komentar Google+ sudah ditutup permanen oleh pemiliknya.


Kali ini ketambahan platform komentar Telegram yang mendukung komentar yang bisa ditampilkan dibawa postingan artikel blogger.


Telegram meluncurkan Comment Widget, yang bisa dipasang di berbagai platform website termasuk Blogger.


Fitur yang ditawarkan widget komentar Telegram pun terbilang lengkap, sobat. Tidak kalah jauh dengan kepunyaan Facebook atau Disqus. Bahkan bisa dikatakan lebih komplet.


Misalnya saja fitur like-dislike komentar (bisa dinonaktifkan bila dikehendaki), komentar dengan foto atau gambar, reply komentar, subscribe komentar, serta pilihan warna aksen kotak komentar yang bervariasi plus bisa dikustomisasi sendiri.


Sayangnya, untuk saat ini balasan komentar di widget tersebut akan ditampilkan sebagai quote layaknya kita membalas chat di aplikasi Telegram (atau WhatsApp).


Entah ini bagus atau tidak, mungkin saja Anda lebih menyukai tampilan balasan komentar seperti di Facebook atau Disqus yang langsung ditampilkan di bawah komentar aslinya. Masalah selera saja sih...


Bikin blog makin berat kah? Dari hasil iseng buka PageSpeed Insights, kode JavaScript bawaan kotak komentar Telegram ternyata memicu munculnya pesan "Minify JavaScript".


Iya, tidak salah lagi, sob. Kode JS tersebut memang belum di-minify alias masih apa adanya. Mungkin karena baru dirilis, jadi masih dibiarkan seperti itu agar mudah dipahami (readable).


Meski demikian, untuk kecepatan loading secara real life, widget komentar Telegram jelas jauh lebih cepat dimuat daripada kotak komentar Facebook ataupun disqus. Silakan bandingkan sendiri bila tak percaya...


Demo Telegram comment


Komentar Telegram Postingan Blogger

Tak seperti kotak komentar pihak ketiga lainnya, widget komentar dari Telegram ini relatif lebih mudah dipasang. Cukup dengan menambahkan beberapa baris JavaScript dari situs Comments.App ke template Blogger, maka widget tersebut akan muncul di bawah postingan blog kita secara otomatis. Lalu bagaimana caranya? Langsung saja pada tutorialnya.


Ikuti langkah mudah berikut ini.


Buka laman web Comments.App dan login menggunakan nomor Telegram Anda melalui tombol "Log in to connect" yang terletak di bawah "Comments for websites". Izinkan semua perizinan yang diminta, baik yang muncul di web maupun yang dikirimkan ke aplikasi Telegram di ponsel Anda. Selanjutnya klik tombol "Connect website".


Di laman selanjutnya, silakan ketik nama dan alamat blog Anda di isian yang tersedia lalu klik tombol "Connect website" sekali lagi.


Setelah itu tentukan berapa komentar yang akan ditampilkan di widget saat pertama kali dimuat (5), tinggi widget komentar dalam pixel (Auto), dan juga Page ID (dikosongkan saja).


Untuk mengatur tampilan kotak komentar Telegram, klik tombol "Customize Appearance". Di samping warna, di sana Anda juga bisa memilih untuk menampilkan tombol dislike atau like saja, tampilan ikon (penuh atau outline saja), serta pilihan untuk membuat warna komentator bervariasi.


Setelah semuanya dirasa pas, salin kode JavaScript yang tersedia untuk ditempel di HTML template Blogger Anda nantinya.


Di Blogger.com, masuk ke laman Edit HTML blog Anda lalu tempel kode widget Telegram tersebut di bawah kode berikut.


<b:include cond='data:view.isSingleItem' data='post' name='commentPicker'/>


Kode di atas umumnya hanya terdapat di template Blogger versi 3 seperti Contempo, Soho, dll. Bila Anda menggunakan template versi lama seperti Simple, Picture Window, dll., silakan tempel kode widget Telegram tadi di bawah kode ini (pilih salah satu saja).


<data:post.body/>


atau


<div class='post-footer-line post-footer-line-1'>


Jangan lupa untuk menyimpan template Anda (Save theme) dan lihat hasilnya.


Loh, jadi dobel kotak komentarnya, satu dari Telegram dan satunya bawaan Blogger. Tenang, sob. Bila diinginkan, Anda bisa menyembunyikan kotak komentar Blogger pada postingan tertentu lewat opsi di laman edit postingan (Options → Reader comments → Don't allow).


Bisa juga melalui laman Settings Blogger → Post,comments, and sharing → Comment location → Hide untuk menonaktifkan kotak komentar bawaan Blogger di semua postingan blog Anda.


Selamat mencoba... Happy Blogging


Jika kurang jelas, tinggalkan komentar dibawah. Mudah-mudahan saya bisa bantu.


0 Comments for "Cara Memasang Komentar Telegram di Postingan Blogger"

Jangan melakukan SPAM... Aturan tidak ada link dan bicara kotor dalam komentar Sobat.

Back To Top