-->

Membuat Website Situs Media Online Blog Gratis dan Berbayar

Tema Template Premium Blogger
Tema Template Premium Blogger. 

Baik sobat, Artikel kali ini saya akan menjelaskan bagimana Membuat Website Situs Media Online Blog Gratis dan Berbayar. Karena di abad pencapaian tertinggi teknologi informasi ini siapapun bisa membuat website media berita atau situs informasi online. Baik itu berupa media cyber profesional maupun sebatas portal online (blog) mandiri yang tidak memiliki badan hukum.

Menciptakan Website Koran Online atau Majalah digital sudah bukan lagi monopoli jaringan media massa yang besar seperti Kompas Group, JawaPos Group, Republika, Detik, Okezone, Tempo, Liputan6, Trbunnews dst. Kini semua organisasi, komunitas, tokoh politik, artis, pedagang atau perorangan yang mau bisa membangun situs beritanya sendiri. Mulailah membangun media online sendiri, persoalan kualitas tampilan bisa menyusul, sambil belajar.

Mari kita bahas sekilas tentang tahapan dan prosedurnya dan bentuk tanya-jawab.

Sebelum menguraikan langkah-langkah dalam membuat website situs berita online atau blog media online, kita bahas dulu beberap hal mendasar sebagai perangkat membuat blog / situs media online:


Apa pengertian media online?



#Yaitu sebuah portal digital berupa website situs/blog yang menyajikan informasi/berita secara online yang bisa diakses oleh siapapun melalui jaringan internet. Media online bisa yang bernaung di bawah badan hukum (PT atau Yayasan) dan bisa yang mandiri seperti blog.


Siapa saja yang boleh membangun media online?



#Semua orang berhak membuat situs berita, semua berhak menyajikan informasi kepada publik sepanjang tidak mengandung SARA Berita Bohong atau Hoax dan merugikan orang lain. Khusus untuk media cyber (profesional) bisa berdiri di bawah badan hukum PT atau Yayasan. Yang berbadan hukum bisa memiliki akses kerjasama iklan formal dengan instansi pemerintah.


Apa syarat membuat media online?



#Punya email, bisa membuat blog dan punya akses internet (atau memanfaatkan hotspot area)


Apakah membuat situs media online itu mahal?



#Tentu saja tidak. Ada yang gratis seperti dengan memanfaatkan Wordpress, Blogspot dll. Untuk membuat email, subdomain, hosting di Wordpress / Blogger anda tidak perlu membeli. Akses internetpun bisa numpang di jaringan hospot di cafe-cafe, restoran atau di hospot area di kampus dan sekolah.

Tapi kalau ingin lebih meningkat kualitas tampilan dan kapasitasnya maka bisa membeli domain dan hosting di perusahaan domain dan hosting melalui internet. Bisa juga langsung membeli situs jadi tinggal mengisi atau melengkapi berita dan informasi aja. Harganya bervariasi.


Apa itu Domain?



#Domain adalah "nama" atau "alamat" situs kita. Misalnya nama situs ini: www.idnews.co disebut Domain atau domain mandiri.


Apa itu Domain tak Mandiri / Sub domain?



#Sub domain adalah bila nama/alamat situs kita masih nunut / menumpang di sebuah jaringan penyedia domain/hosting. Misalnya: www.idnews.wordpress.com atau www.idnews.blogspot.com itu adalah domain yang tidak mandiri alias masih dompleng di wordpress atau blogspot. Ketika kita sudah membeli domain sendiri, maka tulisan "wordpress" atau "blogspot" tidak diperlukan lagi.


Bagaimana Cara mendapatkan Domain dan berapa harganya?



#Anda harus membelinya di perusahaan domain banyak bisa di search di goolge.com. Harganya rata-rata per domain adalah Rp 135.000 per tahun. Saat tulisan ini direvisi harga domain sudah sekitar Rp 150 ribu per tahun. Setiap tahun harus diperpanjang dengan harga yang sama. Domain situs www.idnews.co ini belinya di www.qwords.com karena prosesnya mudah dan mereka online 24 jam untuk konsultasi.


Apakah pengertian Hosting?



#Hosting ibaratkan rumah. Domain ibaratkan alamatnya. Percuma kita punya domain bila tidak punya rumah, maka kita harus punya hosting untuk menampung tulisan dan gambar kita. Hanya bermodalkan domain saja maka situs kita belum berwujud apa-apa.


Bagaimana mendapatkan Hosting?



#Kalau yang gratisan maka bisa membuatnya di Wordpress atau Blogger. Misalnya, bikin aja blog di www.wordpress.com atau www.blogger.com bila selesai, berarti domain dan Hosting anda adalah Wordpress atau Blogger. Bila ingin lebih profesional maka anda bisa membelinya, harganya yang standar bisa sampai 3 jutaan. Situs www.idnews.co Hostingnya yang murah saja, yang penting kualitas dari berita-beritanya berkualitas.

"IDNews.co adalah situs yang hanya membeli DOMAIN di hosting dan Hosting untuk gambar dan file lain ditampung di paman google.com alias gratis, karena menumpang di Hosting google.com. Cukup dengan bikin blog di blogger maka tinggal pasang saja alamat domain kita. hosting untuk foto atau gambar dan file lainnya kita tampung saja di google foto atau image"


Bagaimana Tahapan Membuat WEBSITE, SITUS - BLOG MEDIA ONLINE yang gratisan?



#Di bawah ini kita jelaskan tahapannya, yaitu membuat media gratisan dengan menggunakan subdomain dan hosting gratis Wordpress atau Blogger / Blogspot:

Buatlah Perencanaan: Nama Medianya, segmentasi medianya di bidang apa dan siapkan bahan-bahan dasarnya seperti tulisan dan foto-foto.

Kalau untuk wordpress sama dengan blogger, tapi untuk kapasitas penyimpanan data foto atau file lainnya kita harus membelinya di hosting, karena wordpres tidak menyediakan kapasitas penyimpanan data foto atau file lainnya.

Kalau untuk blogger.com Buatlah sebuah EMAIL dari GMAIL.COM karena blogger.com adalah perusahaan miliknya Google yang juga punya Gmail. Maka untuk kapasitas penyimpanan data foto atau file lainnya dibuat gratis. Baru kemudian buka situs www.blogger.com dan buatlah sebuah blog (Caranya bisa di search di Google.Com".

Setelah membuat blog anda akan punya: 1. Alamat Blog (sub-Domain) 2. Hosting dan pastikan blog anda sudah terkoneks dengan search google.com. Semua tulisan yang ada di blog PASTI akan terkoneks dengan mesin pencari google.

Umumnya memerlukan waktu 4 jam sampai 6 hari kedepan. Sabar dan teruslah isi blog dengan tulisan. Kelola blog dengan baik yang intinya berisi: Halaman berita / informasi; posting populer, arsip, tab laman, traffik, dan perangkat dasar di blog. Caranya semua lengkap cari di google.com. Mulai promosikan blognya baik di facebook, twitter maupun di publikasi langsung.

#Tingkatkan Website Situs Blog Media Onlinenya secara perlahan-lahan:

Disarankan belilah domain sendiri agar alamat website / situsnya lebih pendek: misalnya dari www.idnews.wordpress.com atau www.idnews.blogspot.com menjadi www.idnews.co (harganya murah / tahun seperti yang tadi di ulas di atas).

Bentuklah tim kecil antara 2-4 orang yang bertugas untuk: teknis grafis - jurnalis/fotografer - humas. Terus bangun situsnya hingga penuh dengan berita dan informasi.
Bila sudah benar-benar kuat, pengunjung blog media onlinenya sudah banyak maka tingkatkan lagi dengan legalitas.

Legalitas adalah dengan mendirikan PT atau CV yang nanti akan menaungi media online kita sehingga bisa bekerjasama dengan instansi pemerintahan untuk kerjasama iklan atau riset (situs IDNews.co sedang menjajaki proses tersebut). Cara membuat PT atau CV silahkan search di google.com.
Bila sudah ada legalitas maka bisa bergabung dengan aliansi jurnalis atau organisasi pers lainnya.
Kalau sudah ada payung hukumnya maka sebaiknya tingkatkan kualitas tampilan situs / blog.

"Agar tampilannya lebih cantik maka anda bisa hunting TEMA/TEMPLATE di internet dan sebaiknya beli saja TEMA/TEMPLATE PREMIUM yang harganya terjangkau. Banyak penyedia TEMA/TEMPLATE PREMIUM yang sangat murah, cari saja di paman google.com, harganya bervariasi. TInggal kita lihat tampilan yang bagus dan cocok untuk Website Situs Media Online kita".

Demikian artikel Membuat Website Situs Media Online Blog Gratis dan Berbayar semoga bermanfaat....

0 Response to "Membuat Website Situs Media Online Blog Gratis dan Berbayar"

Posting Komentar

Jangan melakukan SPAM... Aturan tidak ada link dan bicara kotor dalam komentar Sobat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel