-->

Apa itu Website dan Blog serta Perbedaan Keduanya?


Untuk materi pertama Belajar Blogger, akan kita tinjau terlebih dahulu mengenai Apa itu Website, Blog, serta perbedaan diantara keduanya. Perlu diketahui juga bahwa beberapa poin bahasan tertentu mungkin tidak dijelaskan dalam arti yang sebenarnya yang menurut saya mungkin akan cukup sulit dipahami bagi yang benar-benar baru. Oleh karena itu, pembahasan ini akan berfokus pada analogi-analogi yang (mudah-mudahan) cukup mudah dipahami. Untuk mendapatkan pengertian yang sebenarnya, tetap manfaatkan pencarian google.

1. Pengertian Website dan Blog

Website

Website (situs web) bisa dikatakan sebagai induk atau pemilik utama untuk semua halaman yang terdapat di internet.

Dalam kasus ini, Google.com, Facebook.com, Twitter.com, Wikipedia.org dan ada milyaran lagi lainnya adalah website. Jadi, semua informasi, produk, atau apapun itu yang biasa kita dapatkan melalui internet merupakan halaman-halaman yang berasal / terikat / dibuat atau diterbitkan melalui website.

Blog

Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa "Blog adalah bagian dari Website".

Untuk memahami apa itu blog, akan kita tinjau terlebih dahulu mengenai proses atau alur bagaimana setiap halaman yang terdapat di internet sampai kepada pembaca.


2. Internet, Website dan Halaman Web

Untuk lebih mudahnya, kita mulai pemahaman ini dengan meninjau bagaimana setiap informasi di internet sampai kepada pembaca. Secara garis besar, skema dibawah ini dapat mewakili alur / proses terbitnya setiap halaman yang terdapat di internet.


Skema: Internet > Website > Halaman Web

Bisa anda lihat pada skema diatas, dapat dikatakan bahwa semua yang terdapat di internet ini berasal atau diterbitkan melalui website. Ada milyaran website saat ini dengan beranekaragam jenis dan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Pada skema diatas, bagian yang diberi label "Halaman web" adalah konten yang kita lihat pada layar browser (Mozila, Opera, Chrome, dan lain sebagainya). Konten yang dimaksud disini adalah apapun yang kita lihat pada layar browser. Saat ini, karena anda sedang berada pada halaman ini, itu artinya layar browser anda sedang menampilkan konten saya yang membahas seputar website dan blog.

Kembali pada pengertian singkat yang telah anda jumpai pada poin sebelumnya, Blog adalah bagian dari Website, untuk memahami apa itu blog, sedikit akan kita tinjau mengenai jenis Website Platform blogging.


3. Website Platform blogging

Kita tahu bahwa ada banyak sekali website di internet dengan fungsi dan layanan yang berbeda. Google sebagai mesin pencari, Facebook sebagai situs jejaring sosial, Amazon sebagai website Online Shop dan masih banyak lagi lainnya. Diantara sekian banyak website ini, ada website-website tertentu yang menyediakan Layanan Pembuatan Blog. Website yang menyediakan layanan pembuatan Blog ini disebut sebagai website Platform Blogging.


Skema: Website Platform Blogging

Singkatnya, berdasarkan skema diatas, website platform blogging adalah website yang memiliki banyak sekali blog didalamnya. Melalui blog yang dibuat inilah setiap pemilik blog menerbitkan konten mereka, baik itu berupa artikel, produk, atau apapun itu.


4. Analogi Website dan Blog

Agar lebih mudah dipahami, disini saya ibaratkan "Lingkungan Suatu Kota" adalah "Internet" dan orang yang sedang berada di kota tersebut adalah orang yang sedang online (mengakses internet). Website bisa diibaratkan sebagai bangunan-bagunan atau tempat usaha yang terdapat didalam kota tersebut.


Analogi Website

Seperti yang terlihat pada bagian kiri gambar diatas (kota), anda tentu bisa membayangkan, dalam sebuah kota pastinya akan terdapat banyak bangunan dengan fungsi tertentu. Sebut saja misalnya mall, kampus, bank, dan lain sebagainya. Bermacam-macam apa yang ditawarkan melalui bangunan-bangunan atau tempat usaha ini bisa kita anggap sebagai bentuk keanekaragaman Website (bagian kanan).


  • Kembali pada apa yang dimaksud dengan website platform blogging yaitu suatu Website atau situs yang menyediakan layanan pembuatan blog.


Jadi, dalam analogi ini, jika internet dianalogikan sebagai kota, dan website adalah bangunan-bangunan yang ada didalam lingkungan kota, blog bisa dikatakan sebagai bagian-bagian yang terdapat dalam sebuah bangunan. Dalam analogi ini, Website platform blogging (dalam kasus ini adalah blogger.com) bisa kita ibaratkan sebagai Mall.

Analogi Website Platform Blogging

Kita tahu bahwa didalam sebuah Mall umumnya terdapat beranekaragam ruko dengan berbagai jenis penawaran / produk. Berbagai produk-produk yang ditawarkan ini bisa berupa pakaian, perlengkapan elektronik, makanan dan lain sebagainya. Ruko-ruko didalam mall ini umumnya dimiliki oleh orang yang berbeda (mereka nyewa ke mall). Di internet, ruko-ruko inilah bisa kita anggap sebagai Blog. Perbedaannya, jika untuk mendapatkan tempat didalam mall kita membutuhkan dana sebagai biaya sewa, di internet, untuk dapat memiliki blog, kita bisa mendapatkannya secara gratis. Blog inilah yang nantinya bisa kita gunakan untuk menawarkan / menerbitkan produk kita.


Analogi Website Platform Blogging

Jadi Setiap Website pasti terdiri dari beberapa blog ya ?

Tidak juga..! Analogi diatas hanya berlaku untuk jenis website tertentu (dalam hal ini adalah website platform blogging).

Oh iya, kalau blog adalah bagian dari sebuah website, berarti dimata internet, blog itu lebih kecil ya dibandingkan website ?

Kurang lebih mungkin begitu. Tapi...

"Untuk membuat sesuatu yang Besar di internet, kita tidak membutuhkan sudut pandang internet, yang kita butuhkan adalah seberapa besar (baik) kita jika dilihat dari sudut pandang pembaca".

5. Kesimpulan terkait Website dan Blog

Website dan Blog

Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa Website adalah jenis Halaman web yang berdiri dan memiliki mesin sendiri sedangkan Blog adalah halaman web yang merupakan salah satu bagian dari sebuah website (tidak berdiri sendiri).


Catatan:
Seperti yang telah diinformasikan diawal, penjabaran ini tidak menggunakan pengertian yang sebenarnya dari website ataupun blog. Saya hanya menjelaskan inti dari keduanya yang (mudah-mudahan) cukup mudah dimengerti. Link dibawah ini bisa anda gunakan untuk menambah pemahaman anda tentang apa itu website dan apa itu blog dalam arti yang sebenarnya.

  1. Website (Situs Web) - Wikipedia
  2. Blog (Web Log) - Wikipedia


6. Belajar Blogging, sebaiknya pilih Website atau Blog ?

Bagi anda yang hendak mempelajari kegiatan blogging, anda mungkin bingung menentukan mana yang sebaiknya anda gunakan pada tahap awal belajar anda. Untuk menjawab pertanyaan ini, akan kita tinjau beberapa fakta mengenai Website dan Blog.


  1. Membuat Website berarti anda membuat halaman web mandiri yang berdiri sendiri dan tidak terikat dengan peraturan atau persyaratan tertentu (kendali sepenuhnya dipegang oleh anda)
  2. Membuat Blog berarti anda menyewa (umumnya tanpa biaya / gratis) tempat dalam sebuah website
  3. Berbeda dengan website, Membuat Blog berarti anda harus mengikuti semua ketentuan dan peraturan yang terdapat pada website yang bersangkutan.
  4. Untuk Website, karena ini merupakan milik anda seutuhnya, anda bebas untuk melakukan kustomisasi (penyesuaian). Hal ini bisa berupa desain, penambahan fitur dan aspek lainnya dari website anda. Singkatnya, hebat tidaknya website anda tergantung pada kemampuan anda.
  5. Untuk Blog, karena disini kita berstatus sebagai salah satu (anggaplah) penumpang sebuah website, ada batasan-batasan tertentu seputar fitur dan kustomisasi.



Wah, kalau begitu mending saya membuat website dong dari pada blog ?

Tepat sekali..! tapi yang jadi pertanyaan, apakah sekarang anda sudah mampu ? ^_^

Membuat / mengelolah Website membutuhkan skill dan modal yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mengelolah Blog. Karena yang hendak anda bangun adalah website, anda tentu harus mempersiapkan semuanya dari NOL. Walaupun anda bisa menggunakan salah satu Content Management System atau CMS (anggaplah mesin / coding pembuat website) yang dapat digunakan secara instan (Contoh: Wordpress.org, akan anda jumpai pada materi berikutnya), ada banyak hal lain yang juga akan menjadi pekerjaan yang cukup merepotkan dan membutuhkan dana yang bisa dibilang tidak sedikit. Terlebih lagi bagi para pemula yang umumnya tidak dibekali banyak pengetahuan tentang web programming.

Masalah dana mungkin tidak akan menjadi persoalan jika anda adalah seorang blogger expert yang sudah memiliki jam terbang dan tujuan yang jelas. Website umumnya adalah pilihan bagi para blogger profesional, baik itu mereka yang bekerja secara individu maupun kelompok. Untuk pemula, memulai kegiatan bisnis online dengan menggunakan website sangat tidak disarankan. Anda setidaknya harus mengeluarkan biaya domain, hosting dan theme (jika ingin tampak profesional) pada tahap awal pembuatan website.

Saya pemula, sebaiknya bagaimana ?

Disarankan untuk mulai belajar blogging melalui blog.

Untuk yang benar-benar pemula, sangat disarankan untuk memulai kegiatan blogging menggunakan Blog. Hal ini akan membuat proses belajar anda jauh lebih mudah.

Saat anda mulai menjalankan kegiatan blogging, anda akan belajar beberapa kemampuan. Kemampuan-kemampuan ini juga akan diperlukan sebagai dasar yang sangat penting dalam pengolahan sebuah website.

Emang kemampuan apa saja yang akan saya pelajari dalam mengolah sebuah blog ?

Secara garis besar, dalam mengelolah blog, ada beberapa hal yang perlu anda pelajari, diantaranya adalah:
Belajar mengoperasikan platform blogging yang digunakan
Belajar dan memahami bagaimana mesin pencari (Google) memilih artikel / halaman web. Ini adalah pengetahuan tentang bagaimana membuat halaman web yang berkualitas, baik itu dari perspektif (sudut pandang) pembaca maupun dari perspektif mesin pencari. Dalam dunia blogging, ini dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization)
Belajar bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog yang dikelolah
Belajar coding (HTML, CSS dan Javascript)

Dari 4 materi diatas, 3 diantaranya (nomor 1, 2 dan 3) adalah materi yang akan menjadi prioritas pada situs wiBlogger.com ini. Walaupun blog wiBlogger.com ini juga akan membahas materi HTML, CSS dan Javascript, untuk keseluruhan materi blogger pemula, pembelajaran lebih fokus pada 3 poin pertama. Khususnya untuk materi coding, pada tahap awal, pengetahuan dasar-dasarnya saja mungkin sudah cukup.

Apakah sulit jika saya langsung mulai dari website ?

Cukup sulit...! Dalam pembangunan website, selain ada beberapa materi lagi, 4 materi diatas merupakan dasar penting yang harus anda kuasai terlebih dahulu.

Empat kemampuan yang telah disebutkan diatas adalah dasar yang akan sangat anda butuhkan jika anda memutuskan untuk mulai belajar lebih jauh ke pembangunan website. Dalam pengolahan sebuah website umumnya identik dengan keleluasaan dalam mengakses server. Ini adalah bagaimana proses pengolahan dan transfering data dilakukan. Untuk tujuan ini, umumnya bahasa pemrograman berbasis server yang digunakan saat ini adalah PHP. Dalam mempelajari PHP, anda harus menguasai HTML, CSS dan Javascript. Selain itu, hal lainnya yang tidak kalah penting dalam pengolahan sebuah website adalah penggunaan database (Misal: MySql).

Jadi, jika ingin membuat website harus belajar HTML, CSS dan Javascript dulu ya ?

Kurang lebih ya seperti itu...! Namun, sebagai pemula, anda tidak serta merta harus menguasai secara penuh 4 materi diatas. Pelajari secara perlahan dan bertahap. Inilah alasan mengapa para pemula lebih disarankan untuk mulai dengan Blog bukan Website.

Apakah tidak bisa jika saya menggunakan tenaga profesional untuk membuat website yang siap pakai ?

Bisa saja. Namun, mengelolah website pada keadaan dimana kemampuan anda masih NOL besar, ini sangat-sangat tidak efisien. Kecuali jika anda memiliki misi untuk "mengosongkan" saku anda dengan meminta bantuan tenaga profesional untuk setiap kendala yang akan anda hadapi ^_^.


Akhir Pembahasan:
Saat ini, anda sedikit banyak telah memiliki gambaran tentang Internet, website dan blog. Materi ini dibuat agar setiap dari anda yang ingin mulai mempelajari kegiatan blogging dapat mengerti dan paham dulu tentang apa yang akan anda buat. Sebagai materi pendukung lainnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel